Rabu, 09 November 2011

FRANKLIN SQUARE

BAHAN DISKUSI:

Franklin Square adalah sebuah taman kota yang tidak terurus (kumuh), banyak terjadi  kejahatan, dan merupakan area yang tidak nyaman bagi perusahaan-perusahaan di sekitarnya. Kerjasama antara pemimpin-pemimpin perusahaan disekitarnya dibentuk untuk melakukan rehabilitasi taman dan mengubahnya menjadi sebuah taman yang dapat dinikmati oleh para pekerja maupun pejalan kaki yang semula menghindarinya.
Asosiasi rehabilitasi Franklin Square bertemu sebulan sekali untuk mendiskusikan startegi publikasi kepada pihak internal dan eksternal. Mereka menyelenggarakan Hari Franklin Square, dimana pada hari tersebut, siapa saja secara sukarela diminta untuk membersihkan taman. Stasiun televisi dan radio lokal diundang untuk menyiarkan berita dan meliput. Polisi juga diminta partisipasinya untuk mengamankan. Pedagang setempat diminta untuk menyediakan makanan dan minuman. Dinas pekerjaan umum setempat bersedia menyediakan truk dan peralatan, cat dan bersedia memperbaiki air mancur.
Hasilnya??? Dengan pakaian kerja yang sesuai, para pengusaha dan pejabat pemerintah bersama-sama menyingsingkan lengan bajunya mengambil peralatan dan mengecat. Telivisi dan radio meliput dan menyiarkan pada berita jam 17.00 dan jam 23.00 lengkap dengan wawancara. Perhatian terhadap taman yang kumuh semakin meningkat. Partisipan baru selalu muncul pada setiap acara tahunan membersihkan taman.
10 tahun kemudian, jumlah suka relawan semakin banyak, taman tersebut telah berubah  menjadi tempat makan siang, melakukan konser, dan acara pelayanan lainnya. Taman tersebut, sekarang telah menjadi tempat yang menyenangkan, dengan air mancur yang indah. Developer mulai bereaksi dengan membangun dan memperbaiki bangunan disekitar taman, dan menawarkan ruangan-ruangan untuk toko, restoran dan kafe.
Pengalaman di Taman Franklin Square ini merupakan salah satu contoh dampak publikasi bagi masyarakat.


Untuk Direnungkan:

Pemerintah kota tempat tinggal anda, dalam waktu enam bulan kedepan, berencana membuka balai kota dan kantor pengadilan baru. Rencananya akan diselenggarakan upacara pembukaan besar-besaran. Anda diminta untuk memasarkannya dengan target partisipasi masyarakat sebanyak-banyaknya. Walaupun press kit penting, tetapi anda diminta untuk memberikan alternatif cara pemasaran yang lain yang lebih menarik.
1.    Apa sajakah yang akan anda masukkan ke dalam press kit?
2.    Informasi apa sajakah yang akan anda cantumkan di dalam publikasi?
3.    Aset masyarakat apa sajakah yang akan anda eksplorasi untuk mendukung program pemasaran?


Catatan:
Press Kits merupakan alat yang lebih lengkap untuk memberikan segala informasi tentang event dan tujuannya, yang biasanya dikemas dalam folder atau cetakan-cetakan lengkap dengan nama organisasi pemrakarsa, judul event, logo, dan informasi-informasi lain yang terkait. Biasanya press kit terdiri atas:
·         Pemberitaan
·         Foto
·         Materi berita
·         Permintaan peliputan
·         Undang dan pengumuman pelaksanaan konferensi pers
·         Pidato
·         Latar belakang
·         Videotapes
·         CD atau VCD
·         Informasi organisasi
·         Biografi
·         Folder, brosur, kartu pos
·         Barang-barang iklan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar