AS Pasar Potensial Wisata Konvensi
Bali sebagai salah satu destinasi favorit
wisatawan Amerika Serikat (AS), menurut Kepala Dinas Pariwisata Daerah
(Kadisparda) Bali, sangat potensial mengembangkan
wisata meetings, incentives, conventions and exhibitions (MICE) atau konvensi.
Berdasarkan analisis pasar, tiap tahunnya perusahaan-perusahaan di AS
membelanjakan milyaran dolar AS untuk wisata konvensi bagi distributor, agen
dan karyawannya.
Untuk dapat menangkap pasar wisata konvensi dari
wisatawan AS, perlu dilakukan pendekatan kepada Singapura (Singapore Airlines
dan Singapore Tourism Board) dalam rangka merencanakan paket twin market antara
Singapura dan Bali untuk
paket MICE bagi AS.
Selama ini destinasi internasional yang menjadi
tempat favorit untuk tempat kunjungan wisata konvensi bagi wisatawan AS, adalah
Caribbean, Meksiko, kawasan Asia Pasifik seperti Singapura, Hongkong, Seoul dan
Bangkok. Turis AS sangat peduli dengan kelestarian lingkungan hidup sehingga
berbagai produk pariwisata dengan konsep eco friendly menjadi pilihan utama
mereka. Promosi-promosi yang berlabel ramah lingkungan tentunya akan sangat
efektif di pasar AS.
Tingginya minat perusahaan multinasional, BUMN
dan ekspatriat untuk melakukan meeting dan incentive tour ke kawasan wisata di Bali,
juga diakui kalangan pengusaha hotel. Adanya kegiatan MICE yang digelar di Bali sangat mendongkrak tingkat hunian hotel di Bali.
Order-order MICE sangat ditentukan oleh
pendekatan personal khususnya dengan agen MICE tertentu. Tak ketinggalan
melakukan sales call ke pemerintah serta fleksibilitas dalam mengakomodasi
permintaan organizer.
Selain itu, dari segi revenue grup MICE sangat
tinggi, spending money wisatawan MICE 10 kali lebih besar daripada wisatawan
biasa, karena wisatawan MICE dipastikan akan memakai kamar, menikmati kuliner
dan ruang meeting.
Banyaknya wisatawan mancanegara yang memilih Bali sebagai wisata MICE juga tidak
terlepas dari keramahtamahan masyarakat dan lingkungan yang aman serta nyaman.
Source: Kompas.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar